Sabtu, 01 Januari 2011

End Of 2010




Tahun 2010 sudah berada di ujung waktu saya menulis tulisan ini waktu menunjukkan 6:40 sore WIB. Saat ini saya berada di atas kasur kapuk di salah satu ruangan di rumah kakek saya yang terletak di Pujon ( Batu naik dikit ).. Saya merenung, kenapa penutupan tahun 2010 ini kurang memberi semangat pagi saya, padahal pembukaannya terjadi di Bali bersama bapak ibu & kakak perempuan saya.. Saya ingat waktu itu saya memborong corona, smirnoff dan kawan2nya dan saya habiskan sendiri.. Akhirnya saya kekembungan dan baru bisa tidur jam 8 pagi, hitung2 skalian menunggu matahari pertama
Hahaha
Waktu itu suasana sangat meriah di Bali tidak seperti saat ini, saya sendirian dan tidak tahu mau ngapain.. X_X

Tahun 2010 ini, merupakan tahun yang sangat berkesan bagi diriku, skolah merupakan media cerita hidupku yang paling berpengaruh, rumah nomer 2 =D

Tahun ini saya melakukan banyak hal yang sebenarnya merubah pola pikir dan beberapa tingkah laku saya, yang paling berkesan dan tidak saya duga adalah misi ke kalimantan.. Peristiwa itu sangat memberi dampak yang luar biasa dalam hidupku terutama kehidupan rohani..

Kemarin tanggal 29 desember, saya ke malang untuk bertemu salah 1 anak dari bapak saya yang ada di pedalaman kalimantan. Saya merasakan bahwa sudah terjalin ikatan keluarga yang semu namun sangat erat, saya sangat senang bisa menjamu kak Gurithy, rasanya itu salah satu bentuk balas budi saya ke Bapak Akew di Kalimantan
Banyak hal yang saya dapat disana, saya sangat ingin kembali berbagi sukacita di desa Bihe dan Ponte

Dari perjalanan misi saya, saya jadi tahu bahwa tanah kalimantan yang sangat kaya hanya bisa membuat pejabat dan orang2 yang berkuasa lainnya menjadi tentram, rakyatnya? Hanya bisa makan daun ubi dengan bumbu micin dan minyak jelantah.
Ironi ini seperti tidak nampak di pemerintahan pusat..

Bayangkan saja untuk sampai ke desa Bihe, saya menempuh perjalanan 12 jam menggunakan bis dari pontianak menuju kota kecil Nanga Pinoh, lalu saya lanjutkan esok harinya menggunakan speedboat selama 4 jam menuju kecamatan kota Serawai, belum selesai sampai disitu, saya harus menggunakan klotok / sampan dgn motor tempel selama 1 jam baru sampai di Desa Ponte. Blm selesai, hahaha barulah jalan kaki / seperti hash rute long dan sampailah di Bihe

Banyak peristiwa yang terukir didalam kepala saya, saya sangat tidak bisa melupakan kita saya mandi di kali, sikat gigi juga di kali, ketika teman saya marcell menyumbang amunisi untuk ritual kumus, ketika saya dsambut 1 org meninggal dan 2 rumah kebakaran pada hari pertama, 2 org meninggal pada hari terakhir, ketika tanduk rusa saya tertahan di airport.. Fiuh.. Byk hal yang lainnya yang menanti =D

Bihe, Ponte, Serawai merupakan tempat2 yang terpencil, jauh dari kemewahan dan pengaruh budaya luar sehingga masyarakat sekitar masih agak canggung bertemu dengan orang dari luar dayak.. Jika kita terbiasa untuk menyapa tetangga, bahkan orang yang hanya kita kenal gara2 kebiasaan ( misalnya tukang koran dll ) tidak dengan disini, mereka hanya menatap lurus kedepan dan tidak ada sepatah kata apapun yang keluar untuk menyapa..

Di serawai terdapat SMP Bukit Raya yang dikelola oleh pastoran di situ oleh Romo Kurniawan dan Romo Karyono, terdapat pula asrama di situ.
Di asrama itu pula banyak ditanamkan pelajaran pendidikan nilai

Saya juga pernah ke pedalaman sulawesi utara, kondisinya masih 2x lebih mending drpd daerah misi saya, penyebabnya tidak lain adalah sarana infrastruktur dan transportasi yang memadai di sulawesi..

Pengalaman ini membuat saya menjadi lebih cinta lagi terhadap tanah air dan membuat saya untuk memikirkan jalan keluarnya untuk membuat Indonesia lebuh baik dengan pembangunan yang merata tidak hanya P.Jawa

Sekarang saya ingat mengapa tutup tahun kali ini tidak seseru tahun lalu..
Karena tahun ini saya telah mengalami banyak peristiwa fantastis, namun saya tetap yakin masih banyak perjalanan seru lainnya yang menanti saya di tahun 2011.. Yang jelas, saya hanya ingin mewujudkan mimpi saya untuk membawa Indonesia ke arah yang lebih baik.. :D

7:20:10 - 31 Desember 2010

Tidak ada komentar: